Header Ads

Map Control


Outposts dan Bounty rune memberikan bonus tambahan kepada tim yaitu Experience dan Gold yang berarti bergerak disekitar map lebih penting dari sebelumnya. Untuk meta sekarang hero seperti Queen of Pain, Nature’s Prophet dan Ember Spirit sangatlah populer. Hero diatas mempunyai keunggulan dalam hal mobilitas. Kita akan bahas lebih dalam di artikel ini.


The Dota Map

Map didalam Dota sangat besar. Ada banyak objective dan hal yang harus dilakukan di map
dan berpindah dari sisi satu ke sisi lainnya membutuhkan waktu. Sering kali, kita tidak mengalami kerugian karena tidak dapat bergerak ke sisi lain dalam
peta tepat waktu, tetapi Dota adalah tentang mencari keuntungan kecil yang bertambah seiring berjalannya waktu. Dengan mengontrol peta, kita dapat mengumpulkan lebih banyak keuntungan tambahan selama permainan berjalan sambil membatasi sumber daya musuh.

Mengapa Kontrol map itu penting?

Kontrol peta pada dasarnya berarti membuat ruang untuk kita farming di lane dan hutan. Jika kita mendorong lane maka kita dapat farm di hutan secara relatif dengan aman. Jika kita memiliki vision, maka kita dapat farm secara relatif dengan aman juga. Mengetahui tentang keberadaan musuh sehingga tim dapat bermain dengan aman sangatlah penting untuk mengambil keputusan yang tepat. Tim dapat menginisiasi fight, farm dengan aman, atau melarikan diri jika perlu. Ini semua pergerakan penting di dalam Dota.


Konsep pengendalian map

Pushing the lane

Mendorong lane adalah salah satu cara untuk mendapatkan map control. Tujuannya adalah menyediakan informasi dan vision untuk membantu pengambilan keputusan. Jika creep sekutu sampai di Tier 2 tower dan mereka tidak mempertahankannya, kita mendapatkan beberapa informasi. Yang berarti mereka bisa jadi sedang melakukan:
  • Smoke ganking.
  • Regroup
  • Membunuh Roshan.
  • Farm di tempat lain
  • Menunggu kita untuk menghancurkan tower
Pada dasarnya, dengan mendorong gelombang creep, kita akan melihat musuh sehingga kita tahu di mana mereka, atau kita harus berhati-hati karena mereka mungkin melakukan sesuatu yang menurut mereka akan memberikan hasil yang lebih baik daripada mendapatkan creep kill dan mempertahankan menara.

Kita dapat menggunakan informasi ini untuk berkoordinasi dengan tim untuk smoke gank, atau bersiap untuk team fight, atau split push, atau menghindari pertarungan. Jika kita melihat satu atau dua musuh mempertahankan menara di lane lain. Hal ini dapat menyebabkan pertarungan tim yang tidak seimbang di mana kita bisa melakukan pertarungan lima melawan tiga yang seharusnya menjadi kemenangan pertarungan tim yang mudah untuk tim kita.

Dead Lane

Dead Lane adalah tempat jika kita farming di lane tersebut tanpa tujuan tertentu, kita kemungkinan besar akan mati. Dead lane adalah lane berbahaya untuk dilalui jika kita bermain sebagai posisi satu atau dua. Dead Lane biasanya merupakan safe lane setiap sisi. Untuk Radiant, itulah lane bawah, dan untuk Dire, itu lane atas.

Alasan lane ini sangat berbahaya adalah karena kita tidak dapat mengontrol ketiga jalur secara bersamaan. Ketika permainan berjalan dengan seharusnya kita akani memiliki lane tengah yang aman karena paling dekat dari semuanya, dan kemudian satu lane di mana kita dapat mengumpulkan sumber daya. Dead line akan menjadi jalur mati sekitar 10-15 menit karena ketika support mendapatkan level enam dan carry mendapatkan item pertama mereka. Ini akan menjadi lonjakan kekuatan dan mereka akan memulai regroup.


Gambar ini menunjukkan mengapa Dead Lane tidak aman untuk setiap sisi. Bintang kuning mewakili semua titik di mana Dire dapat menyerang Radiant hutan, dan bintang merah mewakili semua titik di mana Radiant dapat menyerang hutan Dire. Dibandingkan dengan hutan segitiga offlane kita, benar-benar hanya ada satu atau dua arah dimana musuh bisa datang.

Inilah mengapa Tier 1 tower di safe lane kita sangat penting. Tower tersebut membatasi jumlah poin serangan yang tersedia untuk musuh. Ini juga alasan mengapa mengambil Tier 1 tower musuh sangat penting. Ini membuka peta dan mengurangi ruang gerak untuk musuh.


Berikut adalah Dota 2 Gameplay mengenai " Map Control Dalam Dota 2  "  Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar