Header Ads

Menghina Rekan Setim Dengan Baik dan Benar


CARA MENGHINA REKAN SETIM

Sangat sulit untuk mengakui kalau kita bukanlah seorang dota player yang sempurna, yang tidak dapat melakukan Blink Dagger dengan range maksimal ( 1200 range ), menaruh ward ditempat yang sempurna, dapat menebak dan mendeward semua ward musuh, dan melakukan last hit yang sempurna. 

Terkadang lebih mudah untuk mengatakan kalau rekan setim kalian payah. Disini gw bakal mencoba membahas " Bagaimana cara menyalahkan / menghina rekan setim ? "

Sebagai permainan tim, Dota 2 bergantung pada permainan setiap pemainnya. Masing-masing dengan peran dan tanggung jawab yang unik, tidak bisa dihindari ada saat dimana “ a fair amount of finger pointing “ atau menyalahkan rekan setim dengan tidak wajar. Bagaimanapun ada cara yang lebih baik untuk menyalahkan rekan setim.



APA YANG DAPAT KALIAN KONTROL?

Didalam psikologi terdapat yang namanya konsep “ Locus Control “ ( tempat untuk mengontrol ) mengacu kepada apa yang kalian percaya bahwa kalian dapat mengontrol keadaan yang terjadi disekitar kalian. " Locus Control " terdiri dari 2 bagian yaitu hati kalian percaya apabila kalian ( internal ) dapat mengontrol situasi atau hati kalian percaya bahwa orang lain yang bertanggung jawab atas situasi itu ( eksternal ). 

Manakah yang kalian percaya cenderung akan membawa kalian untuk menyalahkan diri sendiri atau orang lain. Di dalam dota terdapat faktor yang saling mempengaruhi dimana kalian cenderung menyalahkan diri sendiri atau orang lain. " Belum terbiasa " sering menjadi pendorong untuk menyalahkan orang lain. Tapi terkadang hal tersebut lumrah karena dota adalah permainan team dan itu membutuhkan kesuksesan orang lain dalam menjalankan peran, seperti sebuah “ gank “. 

Menyalahkan bagaimanapun datang setelah fakta dan jarang sekali disampaikan dengan cara yang benar yang memungkinkan pemain tersebut dapat mengingat kesalahannya dan bermain baik di game berikutnya. Bagaimanapun kuncinya ada pada kalian, kalian akan bermain dengan orang yang berbeda-beda dari game satu ke game lain. Keputusan yang bijaksana apabila kalian menemukan apa yang dapat kalian kontrol dan dapat memperbaiki kesalahan kalian sendiri daripada kalian harus memperbaiki kesalahan orang lain.



PROAKTIF DAN REAKTIF

Sebelum membahas lebih dalam, mari kita bahas arti kata " Proaktif " dan " Reaktif ".
  • Reaktif adalah sikap seseorang yang tidak dapat memilih respon atau tanggapan, atau simplenya bersikap langsung menyerang tanpa pikir panjang.
  • Proaktif adalah sikap seseorang yang dapat memilih respon atau tanggapan yang mereka mau.
Salah satu taktik untuk menaikan MMR adalah bekerja sama dengan teman setim kalian untuk menyulut emosi musuh ( “ Easy Mid ! “ ). Dorongan untuk mengkambing hitamkan orang lain sering kali menjadi awal dimana " Chemistry " tim hancur. 

Pertama, mengkambing hitamkan rekan setim sama sekali tidak membuat persentase kemenangan bertambah. Pada saat mid-laner kalian mati 4 kali dalam 10 menit, daripada langsung menghinanya tanpa mencari tahu apakah midlane kalian mendapatkan match up yang jelek? Atau korban dari sebuah
gank? Apabila midlaner kalian mendapatkan match up yang jelek kalian dapat melakukan stack neutral creep dan beritahu midlaner kalian. Cari apa yang dapat kalian dan rekan tim kalian dapat lakukan untuk memperbaiki itu

" Dota adalah permainan team ", fakta ini yang seringkali dilupakan dan lebih mudah untuk menyalahkan orang lain daripada mencari jalan keluar. Adilnya, kesalahan individual memang terjadi dari waktu ke waktu. Itu terjadi bahkan kepada profesional player. Lebih baik belajar dari kesalahan itu dan move on. Sama halnya yang terjadi pada rekan setim, mana yang lebih baik antara menjadi sarcastic ( “ Well Played! “ ) dari chat wheel lalu move on atau menjadi bajingan dan menghina rekan setim?



CHAT WHEEL

Chat wheel adalah salah satu inovasi terbaik yang dikeluarkan oleh Valve Dota 2 yang membuat komunikasi menjadi lebih efektif. Mengetik bisa menjadi sangat rumit dan tidak efisien saat berusaha untuk bersamaan menggerakan hero kita.

Chat wheel masuk kedalam proaktif dengan perintah sebagai contoh " Pull Creeps Please " atau " Get
Back ". Tidak ada alasan untuk merengek mengenai bagaimana teman setim-mu menjadi ATM. Terdapat juga perintah yang menunjukan kebutuhan, seringkali digunakan sesudah melakukan gank yang gagal karena tidak membawa alat bantu vision, seperti “ We Need Detection “
atau “ We Need Wards “. Tetapi kalimat ini menyatakan sesuatu untuk kedepan tidak seperti salah satu
yang menyatakan yang sudah berlalu “ Why didn't you have dust? “

Chat wheel dapat memotivasi dan menaikan moral dengan cara menghargai rekan setim dengan pujian dari “ Well Played “ dan “ Nice “ dan kalimat seperti “ My Bad “ atau “ I Immediately Regret My Decision “ yang menandakan bahwa rekan setim mengerti dan menyesali apa yang telah terjadi.
Meskipun chat wheel tidak dapat melakukan perintah yang kompleks. Chat wheel membantu menginstruksi dalam bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Perkataan Didota harus mempunyai strategi yang mempunyai tujuan yang jelas daripada menyatakan pernyataan yang memiliki unsur dengki.



Berikut adalah Tips and Trick mengenai " Menghina Rekan Setim Dengan Baik dan Benar Dalam Dota 2  " dari " eggs " ( Dotabuff ). Link artikel asli: " How To Flame Your Teammates. " Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar