Header Ads

UNOFFICIAL ROLES

 



HARD CARY

Istilah  Hard " Carry “ mengacu kepada tipe dari hero carry yang bertujuan untuk  memperoleh item yang efisien ( item build yang tepat untuk berbagi kondisi ). Hard carry pada umumnya sangat bergantung kepada pencapaian item, yang artinya saat mereka tidak farming dengan efisien, kemampuan mereka akan lemah. Hard carry pada umumnya sulit untuk farm pada early game, maka mereka akan berpasangan dengan " Disabler " " Support " hero, yang kuat di early game yang dapat menutupi kelemahan hard carry tersebut. 

Seorang hard carry yang terus mendapatkan experience dan gold, secara bertahap akan menjadi ancaman untuk musuh, dan pada umumnya akan mencapai periode efektivitas maksimum daripada hero yang lain. Yang artinya hard carry akan mendapatkan lebih banyak keuntungan apabila game berjalan lebih lama daripada yang di harapkan

Biasanya, carry yang semakin bergantung pada item mereka akan bertimbal balik kepada efektifnya hero tersebut tersebut. Sebagai contoh, Anti Mage dengan 3 carry item akan lebih kuat daripada Medusa dengan 3 carry item. Tetapi dengan sama2 mempunyai 6 item carry Medusa akan lebih kuat dari pada Anti Mage. 

Contoh hero Hard Carry :  Anti Mage,  Faceless Void,  Medusa,  Phantom Lancer,  Spectre dan  Terrorblade.


SEMI CARRY

Semi Carry adalah hero yang hampir serupa dengan hard carry, yang berkemampuan untuk membunuh musuh, tetapi mereka tidak memerlukan banyak farm untuk membunuh musuh dan secara umum lebih bergantung kepada level, jadi secara umum mereka lebih sering di tempatkan di mid-lane untuk mengumpulkan experience sebanyak yang mereka bisa. Mereka cenderung untuk menjadi hero yang paling dominan pada mid game, sebelum hero carry rekan atau musuh telah mendapatkan farm yang cukup untuk menggantikan posisi semi carry sebagai hero yang dominan.

Target semi carry di dalam game adalah fokus kepada map control dan menggangu farm carry musuh. Dimana sebagai gantinya akan memudahkan hero carry rekan untuk farming. Apabila mereka melakukan tugasnya dengan baik, memungkinkan seorang semi carry memiliki attack damage yang cukup berdasarkan kepada hero yang mereka mainkan. 

Dan semua semi carry harus memiliki item yang mumpuni, karena bagaimanapun hero semi carry pada saat late game akan bertransisi menjadi hero pendukung pada team fight. Disini bukan berarti mereka bermain support, ini lebih kepada poin dimana damage mereka dan kapabilitas mereka dilampaui oleh hard carry. Daripada menambah damage, mereka biasanya mem-build item seperti "  Heaven Halberd ", "   Assault Cuirass " dan "  Scythe of Vyse " untuk mendukung rekan setim daripada menaikan damage mereka. 

Contoh hero Semi Carry:  Dragon Knight,  Lina,  Puck,  Queen of Pain dan  Windranger



GANKER

Ganker adalah hero yang memiliki kemampuan untuk mendisable musuh dalam waktu yang lama atau mempunyai damage yang cukup besar di early dan mid game. 

Mereka cenderung memiliki:
  • Mobilitas yang baik.
  • Mengandalkan serangan physical dan magic damage.
  • Disable yang baik.
Tujuan mereka adalah untuk memberikan keuntungan ada early game saat laning phase dengan membunuh musuh di lane yang potensial. Peran ganker sering disamakan dengan peran semi carry, karena kebanyakan ganker akan menjadi semi-carry saat mereka berhasil memenuhi peran mereka ( mempunyai keuntungan di gold dan level ). Apabila ganker mempunyai performa yang sangat baik tidak menutup kemungkinan ganker tersebut akan menjadi ancaman yang lebih berbahaya daripada Hard Carry rekan setim pada saat late game. 

Hal penting dari peran seorang ganker adalah untuk mengganggu farming dan leveling carry musuh.




ROAMER

Dapat lebih fokus untuk mengelilingi map daripada farm creep di early game

Tujuan utama seorang roamer adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin map control pada early game dengan warding, ganking dan menganalisa lokasi hero yang menghilang. Mereka juga bertanggung jawab untuk pulling creep, stacking creep dan mengincar rune

Contoh hero Roamer : Bane,  Earthshaker,  Tiny,  Tuksar,  Earth Spirit dan   Lion.



OFFLANER

Offlaner adalah hero dengan kemampuan solo laning di “ Suicide lane “ ( lane atas untuk radiant, lane bawah untuk dire ). Mempunyai offlaner dalam line-up memberikan pilihan untuk sebuah  tim mempunyai Jungler atau melakukan tri-lane dengan meminimalkan resiko kalah di suicide lane musuh. Dalam banyak kasus offlaner mungkin harus lebih memprioritaskan untuk bertahan hidup daripada memaksakan farm karena itu seringkali hero dengan kemampuan " Escape " cocok untuk tugas ini. 

Seorang offlaner mempunyai prioritas utama untuk bertahan hidup di tahap laning. Melawan musuh yang terampil, seorang offlaner mungkin tertinggal dari segi level dibandingkan dengan hero lainnya. 

Hero offlane yang dapat unggul dan efektif harus mempunyai kriteria sebagai berikut:
  • Skill yang memungkinkan mereka lari dari gank dengan aman. ( Escape )
  • Mereka dapat melakukan farm yang aman meskipun mempunyai kemungkinan untuk dipaksa mundur dari lane.
  • Mempunyai ability untuk tetap bertahan hidup di early game ( Tahap Laning ) serta memungkinkan mereka menjadi efektif di mid game meskipun dengan farm yang rendah
  • Mereka dapat mengganggu farm carry musuh.
Contoh hero Offlaner:  Batrider,  Dark Seer,  Enchantress  Puck dan Underlord



Berikut adalah penjelasan mengenai " Unofficial Roles Dalam Dota 2  " dari gw. Semoga bermanfaat!



Tidak ada komentar