Header Ads

Roaming DOTA 2



ROAMING

Roaming adalah pergerakan satu atau lebih hero mengelilingi map yang bertujuan memberikan keuntungan untuk team.

Bentuk klasik " Roamer " adalah hero yang bertujuan untuk berusaha untuk membunuh musuh di tahap laning . Roamer dengan tipe ini harus menganalisa high kill potensial ditambah dengan hero rekan setim yang akan men-setup kill. Hero seperti  Riki yang tidak mempunyai spell untuk mengejar ketinggalan networth apabila tahap laning berjalan dengan buruk yang dimana apabila kegagalan sebuah gank akan berpengaruh besar terhadap networth Riki tersebut.

Roamer jaman sekarang tidak memaksakan untuk mencari kill dan bisa menjadi sedikit lebih flexible. Roamer sekarang diawal game bisa mencari Experience di lane sebelum mencoba gank, setelah itu mereka akan mencari Experience lagi dilane tersebut.

Roaming sangat kompleks, dibutuhkan komunikasi dan sinergi yang baik untuk men-setup gank. Mengetahui kapan dan memilih style roam yang tepat adalah kunci. Karena strategi di-dota tidak kaku, 1 strategi dapat dikalahkan dengan strategi lain dan dapat mengalahkan strategi lain. Itu lah mengapa penting untuk mengetahui basic roam.

 

TIMING ROAM

Roaming lebih sering dilakukan pada saat tahap laning dengan kondisi tertentu.

Kondisi tertentunya adalah:
  1. Soft support yang tidak punya tujuan khusus di-lane mereka.
    • Offlaner yang ingin memfokuskan farm daripada mencari potensial kill.
    • Lane yang tidak memiliki pontesial kill atau meng-harras hero musuh.
    • Ingin memberikan EXP lebih kepada posisi 3 ( offlaner ).
  2. Mempunyai spell inisiasi yang baik untuk men-setup gank seperti Dota 2 guide indonesia: Rolling boulder icon dota 2 Rolling Boulder ( Earth Spirit ), Dota 2 guide indonesia: Shadow walk icon dota 2 Shadow Walk ( Bounty Hunter ), Dota 2 guide indonesia: Fissure icon dota 2 Fissure ( Earthshaker ).
  3. Lane lain mempunyai potensi membunuh musuh yang besar
  4. Lane lain membutuhkan bantuan untuk menstabilkan lane tersebut, dengan cara men-setup gank atau membantu meng-harras core musuh dengan cara membuang spell.


QUALITAS ROAMER

Semua hero dapat melakukan roaming, tapi ada attribut dan qualitas yang roamer harus punya.
  1. Setup dan inisasi yang mudah dengan stun atau slow.
  2. Spell yang memberikan brust demage untuk mengincar kill.
  3. Jarak inisiasi 
    • Dengan jarak inisiasi yang jauh roamer dapat menghindari vision sebisa mungkin, semakin lama roamer tidak terlihat di-mini map semakin menjadi ancaman roamer tersebut.
    • Spell dengan jarak inisiasi jauh adalah Dota 2 guide indonesia: Fissure icon dota 2 Fissure, Dota 2 guide indonesia: Snowball dota 2 Snowball dan Dota 2 guide indonesia: Rolling boulder icon dota 2 Rolling Boulder
    • Spell dengan jarak inisiasi yang pendek disarankan untuk melakukan Smoke of deceit untuk menambah presentase keberhasilan dalam melakukan gank.
    • Spell dengan jarak inisiasi pendek adalah magic missile, burrowstrike atau lightstike array
  4. Mempunyai keuntungan " flex-pick "
    • Dota 2 guide indonesia: Clockwerk icon dota 2 Clockwerk Nyx Assassin dan  Night Stalker ketiga hero ini popular karena mempunyai keuntungan untuk menjadi “ flex-pick “ yang artinya mereka bisa di pilih di awal dan bisa menempati posisi 4 ( soft support ) atau posisi 3 ( offlaner ). Tergantung dari strategi team tersebut. 
    • Kondisi dimana posisi 4 berubah menjadi posisi 3 adalah apabila hero tersebut diharuskan untuk mempunyai level dan item yang mumpuni untuk team fight setelah tahap lanning.


MAP CONTROL

Roaming bertujuan tidak selalu untuk membunuh musuh, lebih tepat untuk mengontrol map ( Contest rune dan bounty rune, Stacking neutral creep, dan ganking ).

Mengontrol map sangat penting saat early game menuju mid game. hero seperti bounty hunter dan clockwerk sangat popular. Kedua hero ini dapat memberikan vision ( Dota 2 guide indonesia: Rocket Flare icon dota 2 Rocket Flare dan Dota 2 guide indonesia: Shadow walk icon dota 2 Shadow Walk ) ,mempunyai mobility yang bagus dan bisa men-setup kill dengan mudah. 

 Semenjak map control berpacu pada ketersediaan vision, maka dari itu disarankan untuk roamer yang menaruh ward di mid game karena mereka mempunyai mobility yang bagus, ward yang berada di belakang tower tier 2 dapat memperlihatkan smoke gank dari musuh, rotasi antara base, jungle dan lane dari musuh, dan berpotensi untuk membunuh courir musuh. 

 

TIPS

Tips untuk belajar menjadi roamer:
  1. Belajar bermain berbagai role dan berbagai hero.
    • Contoh simpel adalah apabila kalian pernah memainkan lina sebagai mid-laner, kalian akan mengetahui cara yang baik untuk men-setup gank dengan lina pada waktu yang tepat. ( Jumlah mana dan HP, ketersediaan speel, level, dll ).
  2. Belajar dari gameplay Pro-player.
  3. Sabar dan cari waktu yang tepat untuk inisiasi.
    • Contoh simpel adalah midlaner selalu memperhatian range creep untuk mengincar last hit. Saat mereka maju untuk mengincar last hit range creep maka ada kemungkinan mereka berada pada posisi yang buruk. Itu adalah salah satu waktu yang tepat untuk melakukan inisiasi.
  4. JANGAN AFK!
    • Jangan terlalu lama berfokus untuk men-setup kill, jangan lupa roaming itu bukan melulu soal gank. kalian bisa melakukan contest rune, stack neutral creep, warding, dan mencari EXP dari lane.


Berikut adalah penjelasan mengenai " Roaming Dalam Dota 2  " dari gw. Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar